Persiapan Sebelum Operasi Bedah Plastik

1 May 2023 BlOG

Operasi bedah plastik / kosmetik semakin banyak menjadi pilihan untuk memperbaiki penampilan tubuh seseorang yang dianggap kurang menarik. Seperti memancungkan hidung yang pesek ( rhinoplasty ), mengencangkan area wajah yang mengalami penuaan, membuang lemak tubuh yang tidak proporsional ( liposuction ), dan lain – lain. Jalan pintas yang dapat menjadi pertimbangan adalah dengan operasi bedah plastik.

Namun dalam mengambil keputusan, diperlukan pertimbangan yang matang dari segi finansial, waktu dan kesiapan mental. Berikut beberapa persiapan sebelum memutuskan tindakan bedah plastik untuk dapat menjadi pertimbangan anda.

Finansial

Operasi bedah plastik bukanlah tindakan yang murah. Sebaiknya anda harus mempersiapkan finansial yang dibutuhkan yang berhubungan dengan tindakan tersebut. Misalnya : Biaya konsultasi, biaya operasi, medical check up, kontrol – kontrol dan obat-obatan yang diperlukan.

Waktu

Persiapkan waktu atau jadwal anda dengan matang. Sebaiknya kosongkan aktifitas rutin anda pada hari tindakan agar anda dapat beristirahat dengan cukup dan kondisi tubuh relax sehingga anda tidak terburu – buru dalam mengejar waktu.

Jangan melaksanakan tindakan bedah plastik dengan terburu – buru dengan harapan hasil yang instan dan dapat beraktifitas dalam waktu yang singkat. Dibutuhkan persiapan yang cukup sebelum menjalankan tindakan dan penyembuhan pasca tindakan. Sebaiknya mengatur aktifitas anda agar dapat lebih ringan dalam beberapa hari paska operasi bedah plastik.

Tindakan bedah plastik adalah tindakan medis yang membutuhkan perawatan dan kontrol untuk memastikan kesuksesan dan proses penyembuhan yang baik. Persiapkan waktu anda untuk dapat datang kontrol pada jadwal – jadwal yang dokter anda anjurkan.

Mental

Tidak semua orang siap secara mental untuk menjalankan operasi bedah plastik. Persiapan mental dibutuhkan untuk menghadapi meja operasi, resiko / komplikasi yang mungkin terjadi dan masa penyembuhan. Pastikan untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter anda.

Tindakan operasi bukanlah sulap ataupun instant, dimana anda akan langsung melihat hasil akhir suatu tindakan. Ada tahapan – tahapan yang akan anda lalui sebelum anda dapat melihat hasil akhir tindakan, bengkak, memar dan rasa nyeri. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam menjalani proses penyembuhan operasi. Karena pada masa penyembuhan ini adalah masa yang cukup menantang kesiapan mental anda. Dukungan dari keluarga dan orang-orang sekitar sangat pempengaruhi bagaimana seorang pasien menjalani masa penyembuhan ini.

Tahap yang juga cukup penting setelah anda memutuskan untuk melakukan operasi bedah plastik adalah datang konsultasi dengan dokter anda. Hubungi dokter anda sekarang !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+